SOLUSI excel sering tidak otomatis menghitung

 

formul excel sering tidak otomatis menghitung, harus di save dulu agar formula berjalan

 

masuk toolbar, Formulas, pojok kanan Calculation Option, pilih Automatic, semoga membantu

 

Skenario berbentuk percakapan berikut ini menjelaskan tentang permasalahan dengan perhitungan otomatis di Excel 2007. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda akan memilih “Automatic” (otomatis) di Calculation Options (Opsi Perhitungan).

 

Ini aneh… saya mengubah nilai di sel C2 dari 20 menjadi 25 tetapi hasil perhitungan di sel E2 belum berubah. Seharusnya nilainya menjadi 45…

 
 

968147A

answer image
Question Image
Jangan-jangan mode perhitungan Anda atur ke “Manual”?  
  Saya tidak ingat apakah saya telah mengubahnya …
answer image
Question Image
Jika mode perhitungan diatur ke manual di file excel yang sebelumnya Anda buka, terkadang membuat mode perhitungan di file yang Anda buka saat ini menjadi manual pula.  
  Bisakah Anda mengajari saya bagaimana mengubahnya ke “Automatic” (otomatis)?
answer image
Question Image

Klik tab Formulas, klik Calculation Options di grup Calculation dan klik Automatic.

 
 

968147b

 
 

Anda benar. Setelah mengubah mode perhitungan ke “Automatic”, hasilnya telah dihitung ulang.

 
 

968147c

Tapi kenapa ada pilihan “Automatic” dan “Manual”? Menurut saya “Automatic” adalah mode yang terbaik dan nyaman.

answer image
Question Image

Ya, tetapi jika ada banyak rumus yang rumit di lembar kerja, akan butuh waktu untuk menghitung ulang.

Jadi, ketika Anda perlu mengubah beberapa nilai, akan lebih efisien untuk melakukan perhitungan di akhir daripada menunggu dihitung ulang setiap kali Anda mengubah suatu nilai.

 
  Oh, begitu. Dalam hal itu, “Manual” lebih baik.
answer image
Question Image

Ketika Anda ingin menghitung ulang, klik tab Formulas dan klik tombol Calculate Now di grup Calculation.

 
 

968147d

 
  Mulai sekarang, saya akan menggunakan kedua mode perhitungan tersebut tergantung pada apa yang akan saya lakukan.
