Mengharap kehadiran ayam jago berkopling dgn cc kecil

Bersebarannya foto sebuah Suzuki Raider 115FI memang menjadi pembicaraan hangat dikalangan antusias roda dua. Terlebih kehadirannya digadang-gadang mampu bersaing dengan Kawasaki Athlete yang notabene ambil market yang sama, yakni kelas bebek underbone 110-125 cc, cmiiw. Diketahui motor berkapasitas 115 cc dengan kelir hitam-kuning kecoklatan itu diambil di salah satu dealer di Filipina. Mengkroscek kabar-kabar sebelumnya yang berhempus kencang dimana Suzuki Indonesia kemungkinan besar mengeluarkan varian bebek underbone downgrade dari Satria Fighter 1 ini. Dari yang saya amati di web Suzuki Filipina, Raider ternyata punya tiga tipe berbeda.

Di dalam web tersebut, untuk kategori underbone, Raider terbagi menjadi Raider R 150 (Di Indonesia Satria FU / Fighter 1 ) , Raider J Pro, dan Raider J 115 FI. Sekilas saya amati yang membedakan versi pro dan 115 FI yang paling terlihat yakni perbedaan kubikasi mesin. Versi pro mengusung 110 cc sedangkan Raider J 115 cc, selain itu versi 115cc juga sudah injeksi beda dengan Pro. Berikut spesifikasi detail keduanya . . .

Raider J Pro 110

Raider J Pro 110 colours

Raider J Pro 110 hanya tersedia dalam dua warna dengan velg CW : Dark Gray Metallic dan Candy Summer Red , cmiiw.

Suzuki Raider J Pro 110 spesification
Raider J Pro 110 features

Raider J Pro 110 features

Raider J 115 FI

new-celebration-red-(mags)

new-titan-black-(mags)

trick-blue

new-celebration-red

pearl-flash-green

new-titan-black

Raider J 115 FI tersedia dalam 6 varian warna ( 3 velg CW dan 3 Jari-jari ).

Suzuki Raider J 115FI spesification
Suzuki Raider J 115FI Features

Suzuki Raider J 115FI Features

Melihat kedua jenis Raider tersebut, selain dari model headlamp yang berbeda , terlihat Raider J Pro 110 berkopling manual, sedangkan Raider J 115 FI tidak , apa benar demikian ? mohon koreksinya. Melihat kemungkinan besar yang bakal dijual disini itu Raider J 115FI , PT SIS bisa juga menghadirkan dalam dua varian dengan harga berbeda. Satu versi kopling manual dengan fitur rear disk brake/ rem belakang cakram , satu lagi versi kopling otomatis dengan rear drum brake/ rem belakang tromol dengan keuntungan harga yang lebih murah dibanding versi kopling manual, imho. Dengan begini konsumen bisa bebas memilih, sama seperti strategi yang diterapkan YIMM di New Jupiter MX dengan menghadirkan dua varian berbeda. Tapi itu semua tergantung kebijakan internal PT SIS sendiri. Kita tunggu kehadirannya beberapa bulan kedepan, semoga Suzuki benar-benar niat jualan, hehe.

(bfa)
ScreenShot006pricelist

sumber : http://aragani.com/2013/11/21/perbedaan-suzuki-raider-j-dan-raider-j-pro/

Iklan