Suzuki Shogun 125 SP, Trial ngimpi duwe ngene kie

 


Tak banyak yang ingin membuat bebek seperti Suzuki Shogun 125 SP menjadi pacuan trial. Tetapi buat Sumarno, itu jadi suatu keharusan.

“Di Imogiri-Bantul, ada sekitar 25 motor yang digunakan ‘dolanan’. Basis motornya macam-macam. Ada Yamaha RX-King, Honda GL dan juga bebek. Modifnya meniru trial Gas Gas. Salah satunya, Shogun saya ini. Siap pakai buat naik bebatuan,” bangga Kocret, sapaan Sumarno yang tergabung di komunitas Laron, singkatan dari Lansia Ready On. Wuih…

Kocret yang ngaku mantan racer dan sekarang sibuk bisnis ayam potong ini, bercerita soal modifnya. Untuk proses modif, ayah 1 anak itu enggak sendirian. Dia dibantu Sunu Agung, dari Calvin Racing yang bercokol di Jl. Imogiri Timur Km. 9, Jati Tobanan, Pleret, Bantul, Jawa Tengah. Mekanik sekaligus pembalap road race yang berjaya di region 5 dan 6 itu membantu proses pembuatan sasis juga korek mesinnya.

Katanya pembuatan sasis lumayan sulit. Pasalnya rake komstir trial agak rapat demi mudahkan handling melintas bebatuan atau handicap. Selain itu, rancangan sasis baru ini musti seimbangkan jarak sumbu roda depan-belakang yang berjarak 115 cm.


“Bahan sasis dari pipa besi tebalnya 6 mm. Diameternya ada yang 4 cm dan 6 cm. Yang sulit merancang lekukan sasis agar mesin bisa masuk. Maklum, mesin Shogun tidur,” aku Sunu.

Kontruksi sasis dirancang landai di tengah, tanpa dudukan jok. Pokoknya, ala Gas Gas. Sedangkan kaki-kaki, juga alami proses modif. Sok depan pakai Yamaha RX King. Sedangkan monosok, comot Suzuki Satria 120. Posisinya, nyaris tegak dan tampak diberi selongsong penutup buat hindari cipratan lumpur dari ban belakang yang berukuran. Swing arm pun dimodif dengan dibuat mulur 6 cm.

Hampir lupa! Tangkinya, terletak di sasis tengah. Kapasitas dibuat jadi 2 liter. “Jika lagi adventure, saya bawa tas punggung bukan berisi minuman. Tapi, bensin. Buat jaga-jaga kalau kehabisan bensin,” aku Kocret. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: IRC 2,75 x 21
Ban belakang: IRC 4,00 x 18
Sokbreker depan: Yamaha RX King
Knalpot: AHRS
Calvin Racing: 0857-4338-1537
 

 sumber : http://motor.otomotifnet.com/read/2013/03/19/339181/99/10/Suzuki-Shogun-125-SP-Trial-Lokal-Siap-Action

Shogun SP | FL 125 RCMD ini bibitmya

image

Yak, untuk postingan kali ini, izinkan saya memperkenalkan pengisi hanggar kedua di rumah saya. Shogun SP 2009~

image

Body sudah mengalami sedikit sentuhan modif

Untuk tampilan luar, Shogun SP saya sudah mengalami sedikit perubahan. Seperti pemasangan skotlet di bagian batok, velg, sayap, dan buritan beserta rearlamp. Untuk spakbor depan saya mencomot milik Jupiter MX, tidak lupa garpu depan diturunkan sedikit, jadi terlihat lebih sporty~ Spion meskipun kecil namun bercermin cembung, sehingga jangkauan pandangan ke belakang tetap luas. Sementara spakbor belakang masih ori namun sudah dipangkas alias di potong sedikit sehingga si SP terkesan tinggi jika dilihat dari belakang.

image

Tampak belakang, nggak kalah keren dengan bebek2 anyar~

Bagian lainnya masih standart. Tapi sudah cukup keren~ (menurut saya :b )

image

Cakram belakang, ori dari sononye~

image

Panel instrumen: Speedometer, penunjuk gear, meteran-bensin, indikator lampu.

image

Cakram depan, terbesar di kelasnya~

Mesin masih standart. Tapi saya berencana mengaplikasikan CDi Shogun Kebo [FD 110] dan menaikan gear belakang satu atau dua mata. Diharapkan nantinya akselerasi dan topspeed bertambah, tapi tetap irit tentunya~

http://daivangelion.wordpress.com/2012/05/06/shogun-sp-fl-125-rcmd/

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s